Senin, 22 September 2014

Investasi Kesehatan (Oleh : M.Burhanul Asfia)



Seringkali seseorang yang menginginkan tubuh sehat, kuat, dan tidak mudah terserang penyakit, maka orang itu harus bisa membagi waktu untuk bisa menjaga kesehatannya. Misalnya, dengan cara menjaga pola makan, rajin berolahraga, dan megkonsumsi vitamin agar tubuh tetap sehat maksimal. Allah Swt. berfirman dalam surah Al-Baqarah ayat 153 yang aratinya :
Hai orang-orang yang beriman, jadikanlahsabardan shalatsebagaipenolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.” (QS Al-Baqarah:153)
Dalam ayat tersebut dikatakan “...dan sholat sebagai penolongmu,..” sudah jelas dan tidak diragukan lagi ibadah shalat adalah ibadah yang paling hebat karena shalat wajib yang selama inikita lakukan lima kali sehari, sebenarnya bukan sekadar ibadah yang didalamnya terdapat gerakan-gerakan yang sudah ditentukan yang tidak bermanfaat menurut sebagian orang. Padahal apapun yang diperintahkan dan ditentukan oleh Alloh dan Rosul-Nya harus kita taati meskipun menurut akal sehat, sebagian ibadah tidak masuk akal. Tetapi ibadah-ibadah yang diperintahkan pasti terdapat manfaat dan hikmahnya.
Dalam hadits di ceritakan bahwa sholat lebih canggih dari Yoga :
Dari Abu Hurairah r.a berkata, “aku mendengar Rasulullah saw. bersabda, “Apakah pendapatmu sekiranya terdapat sebuah sungai di hadapan pintu rumah salah seorang diantara kamu dan dia mandi di dalamnya setiap hari lima kali. Apakahmasihterdapatkotoranpadabadannya?”. Para sahabatmenjawab : “Sudahpastitidakterdapatsedikit pun kotoranpadabadannya”. Lalubeliaubersabda : “Begitulahperumpamaansholat lima waktu. Dengan mengerjakannya, Allah akan menghapus dosa-dosanya.” (HR. Ibnu Majah - at Targhib)
Dr. BaharAzwar, seorang dokter spesialis bedah onkologi (bedah tumor) lulusan FKUI didalam bukunya “Ketika Dokter Memaknai Sholat” mampu menjabarkan makna gerakan shalat. Bagaimana sebenarnya manfaat shalat dan gerakan-gerakannya secara medis?
Setiap shalat pasti diawali dengan berwudlu.Mulaidariberwudlu( bersuci ), gerakansholat, takbiratul ihramsampaidengansalammemilikimakna yang luarbiasahebatnyabaikuntukkesehatanfisik, mental bahkankeseimbangan spiritual danemosional. Tetapitidak banyak darikita yang memahaminya.
Dengan berwudlu(bersuci),berartiterjadinya proses peremajaandanpencuciankulit, selaputlendir, danjugalubang-lubangtubuh yang berhubungandengandunialuar (porikulit, ronggamulut, hidung, telinga). Sepertikitaketahuikulitmerupakantempatberkembangnyabanyakkumandan flora normal, diantaranya Staphylococcus epidermis, Staphylococcus aureus, Streptococcus pyogenes, Mycobacterium sp. Begitujugadenganronggahidungterdapatkuman Streptococcus pneumonia (penyakitpneumoniparu), Neisseria sp, Hemophilus sp. Seorangahlibedahdiwajibkanmembasuhkeduatangansetiap kali melakukanoperasisebagai proses sterilisasidarikuman.
Sedangkan gerakan sholat mulai dari berdiri tegak,takbir, ruku’, sujud, duduk diantara dua sujud hingga salam memilki makna yang luar biasa untuk kesehatan fisik, mental, dan keseimbanan emosional serta spiritual seperti: pelurusan tulang belakang, meregangkan otot-otot bahu, memperlancar aliran darah dan getah bening, mencegah pengapuran serta menyaring dan menumpas kuman penyakit yang berkeliaran di dalam darah ketika ruku’, mencegah wasir ketika sujud, dapat mengaktifkan kelenjar keringat karena bertemunya lipatan paha dan betis ketika duduk diantara dua sujud, untuk menjaga kelenturan urat leher dan  juga akan mempercepat aliran getah bening di leher ke jantung ketika memalingkan wajah ke kanan dan ke kiri saat salam. Pembuktian ini baru dikenal abad ke-20, padahal umat Islam sudah membudayakan sejak abad ke-14 yang lalu.
Jika gerakan sholat yang kita kerjakan lillahi ta’ala serta baik dan benar menurut fiqh, maka sangat luar biasa manfaatnya dan lebih canggih daripada yoga.Dr. Gustafe le Bond mengatakan bahwa islam merupakan agama yang paling sepadan dengan penemuan-penemuan ilmiah.
Perkembanganilmupengetahuandanetikasainsharusdidukungdengankekuataniman. Oleh karena itu kita sebagai umat islam harus selalu meningkatkan kualitas ibadah dengan lebih baik lagi.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar anda. menentukan nasib saya!!