Kamis, 13 November 2014


teori ilmu Ekonomi Menurut Para Ahli..

1.      Menurut Samuekon

Ilmu ekonomi merupakan sebuah studi yang menganalisis kerugian dan keuntungan meningkatkan pola-pola tertentu dalam pemakaian sumber daya.

2.      Menurut Aristoteles

Ilmu ekonomi merupakan sebagai sutau cabang dapat digunakan dengan dua jalan yaitu kemungkinan untuk dipakai dan kemungkinan untuk ditukarkan dengan barang. Nilai pemakaian dan nilai pertukaran.

3.      Menurut Khursid ahmad

Ilmu ekonomi merupakan suatu upaya sistematis yang mencoba memahami permasalahan ekonomi dan perilaku manusia dalam hubungan dengan permasalahan tersebut dari sudut pandang islam.

4.      Menurut M. Akram Khan

Ilmu ekonomi merupakan ilmu yang bertujuan mempelajari kesejahteraan manusia (falah) yang dicapai dengan mengorganisir sumber-sumber daya bumi atas dasar kerjasama dan pertisipasi.

5.      Menurut  Amwal

Ilmu ekonomi merupakan salah satu cabang ilmu atau studi yang memjelaskan tentang bagaimana menentukan keputusan yang efektif dalam mengelola sumber daya yang ada dalam rangka memenuhi kebutuhan individu/masyarakat.


6.      Drs. Robinson Tarigan, M.R.P ; 2012 ; ekonomi regional ; Bumi Aksara

Ilmu yang mempelajari bagaimana manusia memnuhi kebutuhan hidupnya yang ketersediaanya atau kemampuan orang untuk mendapatkannya terbatas.


7.      Leonardo Silk

Suatu studi tentang kekayaan dan merpakan suatu bagian penting daripada studi tentang manusia. Hal ini disebabkan karena sifat manusia yang telah dibentuk oleh kerjamya sehari-hari, serta sumber-sumber material yang mereka dapatkan daripadanya.


8.      Albert L Meyers

Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempersoalkan kebutuhan dan pemuasan kebutuhan manusia. (Abdullah 1992 : 5)


9.      J.L Meij

Ilmu ekonomi ilmu tentang usaha manusia kea rah kemakmuran (Abdullah 1992 : 6)


10.  Nordhaus (1990 : 5)

Ilmu ekonomi merupakan studi tentang perilaku orang dan masyarakat dalam memilih cara menggunakan sumber daya yang langka dan memiliki beberapa alternative penggunaan dalam rangka memproduksi berbagai komoditi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar anda. menentukan nasib saya!!